>blog tutorial


> h1 a:hover {background-color:#888;color:#fff ! important;} div#emailbody table#itemcontentlist tr td div ul { list-style-type:square; padding-left:1em; } div#emailbody table#itemcontentlist tr td div blockquote { padding-left:6px; border-left: 6px solid #dadada; margin-left:1em; } div#emailbody table#itemcontentlist tr td div li { margin-bottom:1em; margin-left:1em; } table#itemcontentlist tr td a:link, table#itemcontentlist tr td a:visited, table#itemcontentlist tr td a:active, ul#summarylist li a { color:#000099; font-weight:bold; text-decoration:none; } img {border:none;}

blog tutorial


Mengenal SEO On Page dan Off Page

Posted: 19 Mar 2011 11:30 PM PDT

Dalam dunia SEO ada istilah SEO On Page dan juga SEO Off Page. Keduanya adalah faktor yang harus anda kenali apabila ingin sukses menjadi pemenang dalam persaingan optimasi search engine.

SEO On Page

SEO On Page adalah segala bentuk teknik optimasi search engine yang dilakukan pada blog atau website yang dimaksud.

Beberapa contoh penerapan SEO On page :

 

  1. Penggunaan nama domain
  2. Judul Blog
  3. Judul Po sting
  4. Deskripsi
  5. Penggunaan Headings (H1,H2,H3, dst…)
  6. Penggunaan kata tebal, miring, garis bawah, dan lain sebagainya.
  7. Internal linking ( tautan ke halaman posting lain yang masih dalam bagian blog yang dimaksud)
  8. Memepercepat waktu akses blog
  9. Penggunakan tag alt pada setiap gambar
  10. Dan asih banyak lagi yang lainnya.

SEO Off Page

SEO Off Page adalah segala bentuk teknik optimasi search engine yang di lakukan di luar blog atau website yang di maksud. Lho ko bisa SEO dilakukan diluar blog yang sedang di optimasi? iya bisa dan harus di lakukan.

Beberapa contoh SEO Off Page :

 

  1. Backlink dari website atau blog lain.
  2. Submit site map ke webmaster tools
  3. Ping

Backlink adalah tautan dari blog atau website lain ke blog atau website anda. Sebuah backlink diibaratkan adalah sebuah rekomendasi, semakin banyak yang merekomendasikan maka blog anda akan lebih mendapatkan perhatian dari search engine.

Saya ambil ilustrasi, apabila dalam sebuah pemilihan, katakanlah pemilihan kepala desa. Untuk memilih seorang kepala desa, yang pertama kita lihat adalah track record kepada calon kepala desa tersebut, bagaimana dia bertingkah laku dalam masyarakat, bagaimana dia berbicara, dan lain sebagainya.

Selain dari faktor calon kepala desa nya sendiri, seringkali kita juga melihat siapa yang mendukung calon kepala desa tersebut. Semakin banyak dukungan ( kadang kita melihat jumlah dukungan pada saat kampanye berlangsung) maka terkadang kita terbawa arus untuk ikut mendukung juga. Selain dari jumlah dukungan, seringkali kita juga melihat siapa yang mendukung, Tokoh masyarakat misalnya. Semakin banyak tokoh masyarakat yang mendukung, maka kita juga akan lebih mempercayai calon kepala desa tersebut.

Dalam konteks ini, search engine pun melihat backlink bukan hanya dari segi jumlah, namun dari segi kualitas link tersebut. Semakin banyak anda mendapatkan link dari website yang berkualitas (trusted site) maka niscaya anda akan semakin di prioritaskan oleh Search Engine.

 

Penutup

Semoga tulisan yang sekilas ini dapat memberikan sedikit tambahan wawasan mengenai SEO.


About lassun

The first child of three brothers who try to exist in the blogging world, to be able to search for identity

Posted on 21 March 2011, in Blog tutorial. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: